Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan
Vol 5, No 2 (2015): jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

“PAKET PELATIHANPENINGKATAN PELAYANAN GIZI (NUTRITION SERVICE DELIVERY ENHANCEMENT PACKAGE/NSDEP DI KABUPATEN KETAPANG KALBAR)

Siti Masyitah (Universitas Respati Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

Tindak kaji cepat dari tim konsultan proyek Nutrition Improvement Through Community Empowerment (NICE) menunjukkan rendahnya permintaan layanan gizi, rendahnya akses masyarakat terhadap pelayanan gizi, dan rendahnya kualitas perawatan yang diberikan. Tim konsultan mengkonseptualisasikan strateginya dengan menerapkan pelatihan pelayanan gizi kepadaTenaga Kesehatan di Posyandu (FM, KGM, Kader and Tokoh Masyarakat) danStaf Puskesmas (Kepala Puskesmas, TPG dan Bidan) dalam Upaya Peningkatan Akses dan Kualitas Pelayanan Gizi di Posyandu dan Masyarakat.Tujuan penelitian untuk mengetahui paket pelatihan pelayanan gizi meningkatan pengetahuan dan pelayanan gizi kepada masyarakat.Jenis studi kuantitatif, dengan rancangan quasi eksperimental, analisisnya deskriptif dan analitik dengan uji t tes.Penelitian di wilayah proyek NICE dan berdasarkan kebutuhan dan kesiapannya untuk melaksanakan kegiatan pelatihan. Setiap wilayah yang dipilih  5puskesmas dan desa di wilayahnya yang akan disertakan. Dalam satu desa dipilih satu posyandu sebagai tempat pelatihan.Hasil lainnya menunjukkan bahwa pelaksanaan paket pelatihan peningkatan pelayanan gizi di posyandu menghasilkan D/S yang sangat baik, berkelanjutan selama periode waktu tertentu serta didapatkan modul pelatihan yang terstandarisasi dan peningkatan kemampuan staf puskesmas dalam penanganan pelayanan gizi. Kata kunci: pelatihan peningkatan pelayanan gizi, tenaga posyandu, staff puskesmas.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kesehatan

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan (JBIK) dengan E-ISSN :2622-948X diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan ini terbit dua kali setiap tahun, yakni pada bulan Juni dan bulan Desember. ...