Administrasi guru ada bermacam-macam, seperti:(1) administrasi diri (untuk guru sendiri), (2) admnistrasi kelas (untuk kelas), dan (3) administrasi sekolah(untuk kantor sekolah). Secara umum, kita sebut saja administrasi guru.Administrasi guru dapat dimengertisebagai seperangkat kegiatan atau tindakan yang harus diketahui dan dimiliki oleh seorang guru ataucalon guru yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran sehingga ketika kegiatan pembelajaran dapatberlangsung secara efektif dan efisien maka guru dan siswa mendapatkan isi pesan pembelajaran. Secaraumum, administrasi guru ada 20 jenis yang meliputi: (1) Kalender Pendidikan, (2) Program Semester(PROMES), (3) Program Tahunan (PROTA), (4) Silbus, (5) Analisis SK/KD, (6) Prosedur Penilaian, (7)RPP, (8) KKM, (9) Jurnal/Agenda Guru, (10) Buku Presensi, (11) Daftar Nilai, (12) Buku Pegangan(Buku Paket, modul, dan LKS), (13) Bahan Ajar, (14) Kisi-kisi Soal, (15) Kartu Soal, (16) Analisis HasilUlangan, (17) Program Remidial, (18) Program Pengayayaan, (19) Kumpulan Soal/Bank Soal, dan (20)Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Dalam konteks kurikulum 2013, sebagai seorang guru atau calon guru,tentunya harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk menyiapkan sejumlah kelengkapan kegiatanadministrasi pembelajaran, seperti: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, Program Semester(PROMES), Program Tahunan (PROTA), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Standar Kompetensi (SK),dan Kompetensi Dasar (KD) agar kegiatan pembelajaran itu sendiri berjalan baik dan benar sesuai denganprogram dan tuntutan kurikulum 2013.
Copyrights © 2018