JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDK Mukun 1

Dasor, Yohanes Wendelinus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Keberhasilan dalam proses pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru menerapkan strategi, metode, pendekatan dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga materi pelajaran mudah dipahami siswa. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran adalah model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SDK Mukun 1 metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan metode konvensional lainnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan (JIPD) diterbitkan sejak tahun 2017 oleh Program Studi Guru Sekolah Dasar UNIKA Santu Paulus Ruteng. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juli dan Januari. Berisi Tulisan hasil telaah kepustakaan dan penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran dosen Program Studi ...