JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar

Penguatan Profesionalisme Guru SDI Mbongos dan SDK Taga melalui Pelatihan Pengembangan Penilaian Autentik

Helmon, Arnoldus (Unknown)
Sennen, Eliterius (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

Abstrak: Penguatan Profesionalisme Guru SDI Mbongos dan SDK Taga melalui Pelatihan Pengembangan Penilaian Autentik. Pengembangan profesionalisme guru perlu dilakukan khususnya dalam menjawab perubahan paradigmaa proses dan penilaian pembelajaran. Pelatihan pengembangan instrumen penilaian autentik bagi guru SDI Mbongos dan SDK Taga merupakan bagian dari pengembangan profesionalisme guru khususnya kompetensi pedagogisnya. Pelatihan tersebut didasarkan pada analisis kebutuhan guru yang diperoleh melalui FGD, wawancara, dan telaah RPP. Pelatihan tersebut dilakukan dengan melibatkan guru secara aktif dan kolaboratif dalam mengerjakan lembar kerja peserta yang berkaitan dengan beberapa macam bentuk penilaian autentik dan pengolahan hasil belajarnya. Hasilnya berupa sejumlah contoh instrumen penilaian autentik dan pengolahan nilai yang telah dikembangkan guru.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan (JIPD) diterbitkan sejak tahun 2017 oleh Program Studi Guru Sekolah Dasar UNIKA Santu Paulus Ruteng. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juli dan Januari. Berisi Tulisan hasil telaah kepustakaan dan penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran dosen Program Studi ...