Metode pembelajaran merupakan landasan praktik pembelajaran hasil penurunan teori psikologi pendidikan dan teori belajar yang dirancang berdasarkan analisis terhadap implementasi kurikulum dan implikasinya pada tingkat operasional di kelas. Model pembelajaran dapat diartikan pula sebagai pola yang digunakan untuk penyusunan kurikulum, mengatur materi, dan memberikan petunjuk kepada guru di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan metode pembelajaran active learning dengan mrtode ceramah terhadap motivasi belajar mahasiswa dikelas keperawatan STIKES Muhammadiyah Sidrap tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi ners jenjang strata satu (S1) STIKES Muhammadiyah Sidrap sebanyak 125 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester IV program studi ners jenjang strata satu (S1) dengan jumlah sampel 89 orang dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik korelasional dengan rancangan Cross Sectional Study. Dari hasil uji Chi Square melihat nilai P pada Mc Nemar yang berarti bahwa ada perbedaan antara motivasi belajar mahasiswa dengan metode Active Learning dan metode ceramah. didapatkan nilai p=0,039. Oleh karena p 0,039 0,05 ˂ (α), maka dapat disimpulkan ada Perbandingan yang signifikan antara Metode pembelajaran Active Learning dengan Metode Pembelajaran ceramah terhadap motivasi belajar mahasiswa keperawatan di STIKES Muhammadiyah Sidrap tahun 2017.
Copyrights © 2018