Kemampuan membuat media pembelajaran oleh guru termasuk guru sekolah dasar (SD) merupakan salah satu tun¬tutan profesinya. Hal ini bertujuan agar guru memiliki inovasi dalam memberikan materi pembelajaran matematika, sehingga siswa dengan mudah memahami apa yang guru berikan. Mengingat masih rendahnya kemampuan dan minat siswa terhadap pembelajaran matematika. Pelatihan ini bertujuan untuk mengatahui kemampuan membuat dan menggunakan media pembelajaran matematika bagi guru-guru SD mitra PGSD FKIP Universitas Sriwijaya di Palembang. Materi pembelajaran matematika SD yang menjadi fokus pelatihan ini yaitu materi bilangan bulat dan pecahan. Tahapan Kegiatan terdiri dari pelatihan terbimbing dan pelatihan mandiri. Guru-guru SD Mitra yang mengikuti pelatihan ini berasal dari SD Negeri 24 dan 238 Palembang yang berjumlah 30 peserta. Hasil dari pelatihan ini setelah peserta dapat membuat dan menggunakan alat peraga yaitu dalam pelatihan ini mistar bilangan dan pecahan, akan dihasilkan diktat petunjuk pembuatan dan penggunaan alat peraga tersebut. Pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran matematika pada guru-guru SD Mitra PGSD di Palembang berdampak positif terhadap pengetahuan dan pengembangan diri pada guru, terutama dapat membantu guru untuk menanamkan konsep materi tersebut kepada siswa. Kata Kunci: Media Pembelaran Matematika, Guru-guru SD Mitra PGSD di Palembang
Copyrights © 2017