Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 1 No. 1 (2018): Volume 1 Nomor 1 Desember 2018

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Satriana Sitio (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar sains pada siswa kelas lima sekolah dasar negeri 004 Hangtuah Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan strategi kuis tipe active learning strategy. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran tipe active quiz team untuk meningkatkan hasil belajar siklus air material sains dan kejadian alam pada siswa kelas lima SD Negeri 004 Hangtuah Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 07 Mei s / d 12 Mei 2018. Untuk mata pelajaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima sekolah dasar negeri 004 Hangtuah kabupaten Kampar tahun ajaran sekolah 2017/2018 jumlah siswa 25 orang, terdiri dari 11 pria dan 14 wanita. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian perhatikan peningkatan hasil belajar siswa dari tindakan sebelumnya, siklus pertama dan siklus kedua. Pada siswa penguasaan pre-action hanya mencapai 40,00% atau 10 siswa yang tuntas, siswa yang lulus siklus pertama meningkat menjadi 17 orang atau kelengkapan hanya mencapai 68,00%. Pada siklus II ternyata kelengkapan siswa pada 22 siswa atau persentase 88,00%. Dengan demikian yaitu penerapan strategi pembelajaran tipe active quiz team untuk meningkatkan hasil belajar sains materi air siklus dan kejadian alam pada siswa kelas lima sekolah dasar negeri 004 Hangtuah Kabupaten Kampar.  

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a national, multidisciplinary, peer-reviewed, open access journal that promotes the publication of scientific articles in all fields of basic education. As a multidisciplinary journal, the Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) recognizes ...