Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 1 No. 1 (2018): Volume 1 Nomor 1 Desember 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 GUNUNG MALELO

Rahmi Andriani Putri (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Poblem Based Learning (PBL) dan siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan konvesional pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 005 Gunung Malelo Kec. Koto Kampar Hulu tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan metode post-test only design with nonequivalent group, dan populasi siswa kelas V SDN 005 Gunung Malelo Kec. Koto Kampar Hulu dan sampelnya yaitu kelas VA adalah kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas VB adalah kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvesional).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Data di analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata.Untuk data hasil tes diperoleh hasil thitung = 2,04 > ttabel = 1,68. Dalam hal ini H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen lebih dari rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas kontrol sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh yang diberikan bersifat positif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a national, multidisciplinary, peer-reviewed, open access journal that promotes the publication of scientific articles in all fields of basic education. As a multidisciplinary journal, the Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) recognizes ...