Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 1 No. 1 (2018): Volume 1 Nomor 1 Desember 2018

HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SEKOLAH DASAR

Devi Novrizta (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat membaca siswa, bagaimana keterampilan menulis karangan narasi siswa, serta untuk mengetahui bagaimana hubungan antara minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Bangkinang Kota. Dalam peneliitian ini terdapat 22 responden yang dijadikan sampel penelitian sedangkan siswa untuk uji coba terdapat 20 responden. Teknik pengambilan sampelnya yaitu sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengggunakan angket minat baca dan tes keterampilan menulis narasi. Uji Validitas menggunakan rumus Product  terdapat 24 atau seluruh  pernyataannya valit karena r tabelnya lebih besar dari 0,30 sedangkan pernyataan yang tidak valit tidak ada, Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan juga analisis statistik. Hasil deskripsi data penelitian bahawa minat membaca siswa dapat dikatakan berkategori baik dengan Persentase 50,00 dan keterampilan menulis narasi siswa juga berada pada kategori baik dengan Persentase 45,45. Hasil analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment maka dapat diketahui tigkat hubungan antara minat membaca dan keterampilan menulis karangan narasi diperoleh nilai r hitung sebesar 0,638. Sedangkan r tabel dengan N=22 pada taraf signifikansi 5%, yaitu sebesar 0,423. Dari hasil demikian terdapatlah nilai r hitung > r tabel, menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SD Negeri 012 Langgini Bangkinang Kota Tahun Ajaran 2018/2019.  

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a national, multidisciplinary, peer-reviewed, open access journal that promotes the publication of scientific articles in all fields of basic education. As a multidisciplinary journal, the Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) recognizes ...