Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 1 No. 1 (2018): Volume 1 Nomor 1 Desember 2018

PENINGKATAN KEMAMPUAN ORAL ACTIVITIES IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Naifal Yaulit (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kegiatan sains lisan pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 37 Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan perencanaan, tindakan, dan peningkatan kemampuan kegiatan oral materi sains berubah dalam penampilan bumi dan benda langit dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 37 Pekanbaru. . Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 17 Juli / 26 Juli 2018. Untuk mata pelajaran dalam penelitian ini adalah empat siswa kelas 37 Pekanbaru tahun ajaran 2018-2019 jumlah siswa 38 orang, yang terdiri dari 18 pria dan 20 wanita. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pada kemampuan pre-action aktivitas lisan materi sains alat indra manusia pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 37 Pekanbaru masih mencapai persentase 55,26% atau tergolong tidak baik. . Pada siklus pertama, meningkat menjadi 66,67% atau tergolong cukup. Pada siklus II, kemampuan aktivitas lisan materi sains alat indra manusia pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 37 Pekanbaru tergolong baik dengan persentase 85,53%. Dengan demikian itu adalah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan kemampuan kegiatan lisan sains pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 37 Pekanbaru.  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kegiatan sains lisan pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 37 Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan perencanaan, tindakan, dan peningkatan kemampuan kegiatan oral materi sains berubah dalam penampilan bumi dan benda langit dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 37 Pekanbaru. . Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 17 Juli / 26 Juli 2018. Untuk mata pelajaran dalam penelitian ini adalah empat siswa kelas 37 Pekanbaru tahun ajaran 2018-2019 jumlah siswa 38 orang, yang terdiri dari 18 pria dan 20 wanita. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pada kemampuan pre-action aktivitas lisan materi sains alat indra manusia pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 37 Pekanbaru masih mencapai persentase 55,26% atau tergolong tidak baik. . Pada siklus pertama, meningkat menjadi 66,67% atau tergolong cukup. Pada siklus II, kemampuan aktivitas lisan materi sains alat indra manusia pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 37 Pekanbaru tergolong baik dengan persentase 85,53%. Dengan demikian itu adalah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan kemampuan kegiatan lisan sains pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 37 Pekanbaru. Kata kunci: Kemampuan Oral Activities , Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head       Together, dan Alat Indra Manusia.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a national, multidisciplinary, peer-reviewed, open access journal that promotes the publication of scientific articles in all fields of basic education. As a multidisciplinary journal, the Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) recognizes ...