Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar
Vol 3 No 2 (2016): Desember 2016

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA POKOK BAHASAN SUMPAH PEMUDA MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE

Humairoh Humairoh (Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten)
Sabri Sabri (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengikuti pelajaran PKn di kelas III sehingga hasil belajarnya rendah dan belum mencapai indikator kecapaian yang telah ditetapkan. Salah satu penyebabnya adalah sebagian besar siswa yang menganggap pelajaran PKn cenderung membosankan. Salah satu solusi mengatasi permasalahan tersebut, adalah penggunaan strategi think talk write untuk meningkatkan hasil belajarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan model penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc.Taggart. Sedangkan instrument penggumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisa dari lembar observasi aktifitas belajar siswa dengan menggunakan strategi think talk write siswa dapat menunjukan kemampuannya dalam belajar terutama pada materi pelajaran PKn dengan baik dan mandiri. Di samping itu hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dengan nilai rata-rata mencapai 53,2 dengan persentase ketuntasan 56% dan siklus II dengan nilai rata-rata mencapai 79,2 dengan persentase ketuntasan 84%. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan strategi think talk write pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sumpah pemuda dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Itu dilihat dari kenaikan nilai hasil belajar siswa dari pra siklus sampai ke siklus II mencapai 39,2%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ibtidai

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

IBTIDA’I merupakan Jurnal hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. ...