Preventif Journal
Vol 2, No 1 (2017): Preventif Journal

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG LAVENDER RSUD ABUNAWAS KOTA KENDARI

Umrana, Siti (Unknown)
Syahwal, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2019

Abstract

KuaUtas pelavanan cfi rumah sakit sangat ditcntukan oleh pelavanan asuhan keperewata n, sebab perawatberada dalam 24 jam rnemberlkan  asuhan  keperawatan.  H�sil  i.vav.;ahcara  awal  yang dilakul<"an  pada  10  pasien rawat map khususnya di Ruane Lavender scbagai ruangan dengon  :lngka kunjun_gan pasien rerbanvak (periode Januan -Mar9.t  tahun  2015  sudah  mencapai 426 orang]  menunjukan  bahwa  sckitar   54% keluhan  pasi,�n  rawat  inapdltlJjukan  kapada   pelavanan  kep2rai.vat.an.  Penelittan   ini  bertujvan  untuk  mengelahui   hubungan  kualitas pel.:iyanan kcperawatan dengan kepuasan  pasien rawat inap di Rt.:�ng Lavender RSUD Abunawas Kota  Kend;iri. Jenis  pPf'!elltian  ini  adalah suNe�,  analitik  dcngan   desa;n   penelitian   cross sectlono!  study.   Pcpulasl  dalam peneHtian  ·ini  r11datah  semua  pasien yang  dirawat  di ruang Lavender  RSUD Abunawas Kota  Kendari  pada  saat penelttlan  ber1angsung dongan Jumlah sampal sebanyak  59 pasien  yang diambil rnenggunakan tcknik accidental sampling.  Pengolahan  hasil  p'cneliti•n  rnenggunakan uji statlstl  cbi-squor«  (X2) dan  uji olternotif fisher's cxacc rest (p).  Hasil penelitian inl menunjukkan hahwa  variobel yang berhubungan adalah  penarnpilan fisik perawat (p= 0,31],), kehandalan perawat (p = U,562) dan ket,anggapan perawat (p = 0,43). Disaran,on kepada  perawat yangbertugas di ruang rawat inap tavendar ijSUD Abunawas Kata  Kendarl  agar senantiasa rnempertahankan babkan mC?nlngkatkan kuahtas pelayanan keperowatan y::.ng diberikan kepada  pasien dengan sensntlasa mernperhatikan dimensi pencapalan kualitas pclayanan perawatan, Kata Kunci   : Kualitas pelaYanan. Kepuasan pasien 

Copyrights © 2017