BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Vol. 2 No. 01 (2016): BIORMATIKA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB

IYAN NURDIYAN HARIS (FKIP Universitas Subang)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap tanggung jawab dan manakah yang lebih berpengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model konvensional terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas V, VI SD Negeri 6 Watampone.Desain penelitian yang digunakan adalah RandomizePretest-Posttest Control Group Design. Analisis data yang digunakan adalah Uji Paired Sample t-test dan Independent Sample t-testPosttest. Hasil yang diperoleh adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap tanggung jawab siswa, dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Pembelajaran pendidikan jasmani dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dikemas secara kolaboratif, tolong-menolong, ketergantungan positif, dan pemberian tanggung jawab individual sangat disenangi oleh siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

FKIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya. ...