BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Vol. 4 No. 02 (2018): BIORMATIKA

PENGARUH PENDEKATAN TAKTIS TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA VOLI PADA SISWA SMAN 1 PAGADEN

YARIS ANDRIA (FKIP Universitas Subang)
IYAN NURDIYAN HARIS (FKIP Universitas Subang)
PULUNG RIYANTO (FKIP Universitas Subang)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Ada atau tidaknya pengaruh pendekatan taktis terhadap hasil belajar bola voli pada siswa SMAN 1 pagaden. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dan sampel penelitian ini siswa kelas XI. Untuk menentukan besarnya sampel penelitan dengan Teknik pengambilan sampel yang di gunakan yaitu Cluster Random Sampling atau pengambilan sampel acak berdasar area. Sampel penelitian ini sebanyak 36 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes kemampuan bola voli yaitu pasing atas dan pasing bawah. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan SPSS 22 for window. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: Pendekatan taktis berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa SMAN 1 Pagaden . Dari hasil penghitungan antara tes awal dan tes akhir hasil belajar pasing atas bola voli diperoleh nilai t hitung sebesar 16.102 lebih besar dari t tabel yaitu 1.689 dan belajar pasing bawah bola voli diperoleh nilai t hitung sebesar 15.729 lebih besar dari t tabel yaitu 1.689. dari hasil penghitungan analisis uji hipotesis dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran pasing atas dan pasing bawah bola voli dengan pendekatan taktis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FKIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya. ...