Jurnal Basicedu
Vol 1, No 1 (2017): April Pages 1-95

Penerapan Metode Eksperimenuntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sdn 011 Langgini Kabupaten Kampar

Yenni Fitra Surya (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini berawal dari Kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar IPA siswa masih rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil pembelajaranIPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN 011 Langgini dengan jumlah siswa kelas IV SDN011 Langgini adalah 30 0rang, jumlah siswa laki-laki 16 orang dan siswa perempuan 14 orang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, dan setiap siklus ada 3 tahap yaitu langkah persiapan eksperimen, langkah pelaksanaan eksperimen, dan langkah tindak lanjut eksperimen dalam pembelajaran IPA. Subjek penelitian adalah siswa kelas kelas IV SDN 011 Langgini.Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa dan penilaian hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tes dan menguji ketuntasan belajar dengan persentase.Dari nilai rata-rata hasil belajar IPA dengan menggunakan metode eksperimen pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Nilai siklus I dengan rata-rata 6,5 dan pada siklus II rata-rata 7,7.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 011 Langgini Kabupaten Kampar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...