Jurnal Pendidikan Anak
Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Anak

MANFAAT PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI PADA ANAK USIA DINI

Dewi, Nurul Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manfaat penerapan program pendidikan inklusi untuk anak usia dini. Penelitian dilaksanakan di Labschool Rumah Citta Yogyakarta pada bulan April-Juni 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian adalah murid Labschool Rumah Citta dari usia 2-7 tahun. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Humberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa program pendidikan inklusi yang diterapkan di Labschool Rumah Citta memberikan manfaat baik bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus mapupun anak normal pada umumnya. Penerapan program pendidikan inklusi di Labschool Rumah Citta dapat menstimulasi perkembangan dan menanamkan nilai karakter pada anak, yaitu: (1) anak mau saling membantu dan bermain bersama dengan anak berkebutuhan khusus; (2) anak dapat mengenal dan menghargai perbedaan; (3) anak memiliki tanggung jawab dan rasa percaya diri; dan (4) anak memiliki keterampilan sosial AbstractThe purpose of this study to determine the benefits of the implementation of inclusive education programs for early childhood. The research was conducted at Labschool Rumah Citta Yogyakarta in April-June 2016. This research used qualitative approach with research case study type. The subjects of the study were students of Labschool Rumah Citta from the age of 2-7 years. Data collection techniques with interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques using interactive models Miles and Humberman. The results showed that the inclusion education program implemented at Labschool Rumah Citta provides benefits for children with special needs and normal children. Implementation of inclusion education program at Labschool Rumah Citta can stimulate development and instill character value in children, namely: (1) children want to help each other and play together with children with special needs; (2) children can recognize and appreciate differences; (3) the child has responsibility and confidence; And (4) children have social skills.

Copyrights © 2018