Jurnal Pendidikan Anak
Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Anak

KREATIVITAS ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK USIA DINI

FITROH, SITI FADJRYANA (Unknown)
MAYANGSARI, DEWI (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

Abstrak : kreativitas entrepreneurial leadership dalam pembelajaran kewirausahaan pada anak usia dini. Anak usia dini merupakan anak usia 0-6 tahun. Salah satu karakteristik yang dimiliki anak usia dini adalah rasa ingin tahunya yang besar, hal ini membuat dirinya selalu memiliki keinginan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya untuk belajar. Selain itu pada usia ini anak dapat dikatakan memiliki kreativitas yang harus dikembangkan. Salah satu stimulus yang tepat untuk mengembangkan kreativitas anak dapat melalui pembelajaran, yakni pembelajaran kewirausahaan. Pembelajaran kewirausahaan menjadi pilihan karena, perkembangan zaman menuntut seseorang untuk memiliki kreativitas dalam memimpin usahanya sendiri, maka dari itu sejak dini sudah diajarkan tentang kewirausahaan. Diartikan bahwa kewirausahaan itu sendiri adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih. Hal ini membuat penting untuk mengembangkan kreativitas entrepreneurial leadership pada anak sejak usia dini. Penelitian ini memiliki tujuan antara lain ingin melihat: 1) Bagaimana kreativitas entrepreneurial leadership AUD dalam pembelajaran; 2) Faktor yang muncul dalam peroses pengembangan kreativitas entrepreneurial leadership AUD. Subyek penelitian 6 anak kelompok B usia 5-6 tahun. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) anak dikatakan kreativitas entrepreneurial leadership saat pembelajaran kewirausahaan saat nilai aspek motivasi dan kreatifnya tinggi 2) Faktor pendukung dalam pengembangan kreativitas entrepreneurial leadership anak usia dini adalah sarana belajar, kemenarikan guru dan peran orang tuaAbstract: Creativity Of Entrepreneurial Leadership In Entrepreneurship Learning In Early Childhood. Early children are children aged 0-6 years. One of the characteristics of the early childhood is his great curiosity, this makes him always have a desire to develop the potential he has to learn. In addition at this age children can be said to have creativity that must be developed. One of the right stimulus to develop children creativity can be through learning, namely entrepreneurial learning. Entrepreneurship learning becomes an option because, the development of the era demands a person to have creativity in leading his own business, therefore from an early age has been taught about entrepreneurship. It means that entrepreneurship itself is a process in doing something new or creative and different which is useful in giving more value. This makes it important to develop the creativity of entrepreneurial leadership in children from an early age. This study has objectives, among others, want to see: 1) how the creativity of entrepreneurial leadership of AUD in learning; 2) Factors that arise in peroses development of entrepreneurial leadership of AUD creativity. Research subjects 6 children of group B aged 5-6 years. The type of research is descriptive qualitative research. Data collection techniques of observation, interview and documentation. The result of the research stated that 1) the child is said to be creativity of entrepreneurial leadership during entrepreneurship learning when the aspect of motivation and creativity is high 2) Supporting factors in the development of creativity of early childhood entrepreneurial leadership are learning facilities, teacher attractiveness and parent role.

Copyrights © 2017