Jurnal IPA Terpadu
Vol 1, No 2 (2018)

PENGARUH MEDIA VIDEO DENGAN PENDEKATAN KONTEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VII MTS NEGERI GANTARANG KAB. BANTAENG (Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan)

Saenab, Sitti (Unknown)
Ramlawati, Ramlawati (Unknown)
Suryani, Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video dengan pendekatan kontekstual  terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Gantarang  Kab. Bantaeng (Studi Pada Materi pokok Pencemaran Lingkungan). Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Negeri Gantarang semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas. Adapun Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan asumsi bahwa seluruh kelas adalah homogen. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yang terdiri dari uji normalitas menggunkan persamaan Chi-Kuadrat. Hasil analisis data dengan menggunakan uji Chi-Kuadrat pada kelas eksperimen diperoleh skor x^2hitung = 3.892446216 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh skor x^2hitung = 2.07582501. Untuk skor x^2tabel  pada taraf signifikan 0,05 = dengan dk = 5 adalah 11,070, hal ini menunjukan bahwa x^2hitung < x^2tabel. Uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, hasil analisis data dengan menggunakan uji fisher menunjukan bahwa Fhitung = 1,25 < Ftabel = 2,17 .Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa Ha diterima pada α= 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan media video dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual tanpa menggunakan media video dengan hasil  thitung = 3,7267 >  ttabel(0,95) = 1,6866 pada taraf signifikan = 0,05, berdasarkan kriteria pengujiannya maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat simpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media video dengan pendekatan  kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Gantarang pada materi pokok pencemaran lingkungan.

Copyrights © 2018