Jurnal Artefak
Vol 3, No 1 (2015): Maret (Media Cetak)

PRAAKSARA, HINDU-BUDHA, DAN ISLAM PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DUAL CODING

Dede Gusdiatin (SMP N I Baregbeg)



Article Info

Publish Date
28 May 2019

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimanakah implementasi model pembelajaran dual coding pada pembahasan kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada masa praaksara, Hindu-Budha, dan Islam dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N I Baregbeg. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) berupa perlakuan (treatment) dengan menggunakan model pembelajaran dual coding dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII E SMP N I Baregbeg Ciamis. Data penelitian diperoleh dari pengamatan kegiatan pembelajaran, informan (siswa, guru, dan kepala sekolah), dokumen, dan foto kegiatan. Melalui tahapan palnning, action, observing, dan reflecting yang dilaksanakan dalam dua siklus. Untuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran IPS kelas VII E SMP N I Baregbeg Ciamis adalah 76 dengan persentase ketuntasan klasikal minimal yang ditentukan 76%. Sedangkan persentase Ketuntasan Klasikal Minimal untuk skala sikap motivasi belajar adalah 76%. Setelah pemberian perlakuan (treatment) selama dua siklus hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang dicapai siswa adalah pada siklus I untuk sikap motivasi belajar memperoleh rata-rata 54,96, siklus II meningkat menjadi 65,03, dan siklus III menperoleh rata-rata 76,07. Selanjutnya peningkatan prestasi atau hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil post test siswa yakni pada pra siklus hanya mencapai rata-rata 49,21, siklus I: 61,25, kemudian siklus II meningkat menjadi 76,96, dan siklus III menjadi 81,10.Kata Kunci: Model Pembelajaran Dual Coding, Pembelajaran IPS, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

artefak

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ARTEPAK, diterbitkan olah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh. Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan profesi guru IPS, kajian Sejarah Lokal & Nasional, Kebudayaan, dan ...