ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Vol 7, No 1 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Pendekatan dalam Studi Islam Emphatic dan Homeschooling Scaffolding Vigotsky untuk Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini

Utama, Ferdian (Unknown)
Tanfidiyah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Lingkungan sekolah dianggap sektor yang penting untuk menentukan perkembangan anak, namun faktanya masih banyak para pendidik di lingkungan sekolah anak usia dini formal yang jauh dari kriteria profesional dikarenakan tidak sesuai nya jenjang pendidikan para guru dengan pekerjaan, kekhawatiran ini menjadikan para orang tua untuk mendidik anaknya pada lingkungan pendidikan informal yaitu homeschooling. Pendekatan dalam studi Islam emphatic dan scaffolding vygotsky hadir mencoba memberikan solusi untu pendidikan homeschooling. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pendekatan studi islam dan Homeschooling Scafollding Vygotsky dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, data nya diperoleh dari komunitas homeschooling Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini ternyata membuat peningkat intensitas interaksi antara orang tua atau pembimbing terhadap anak. Selain daripada itu, dapat memahami kebutuhan yang diperlukan oleh anak selama proses pembelajaran dan meningkatkan perkembangan kecardasan anak.

Copyrights © 2019