Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 10, No 1: Edisi Januari 2019

Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari

Zuari Anzar (Unknown)
Arvyaty Arvyaty (Unknown)
Busnawir Busnawir (Unknown)
Fahinu Fahinu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Sampel diambil secara purposive sampling dan diperoleh kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan pemberian instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk tes uraian. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran generatif memiliki nilai rata – rata 61,77 dan varians 126,16. (2) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah pembelajaran generatif adalah 78,93 dan varians 138,78; dan (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...