Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika
Vol 5 No 01 (2019): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara

Peningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perbandingan menggunakan cooperative learning tipe team assisted individualization

Zuheini Chotimah Indriani (SMP Negeri 1 Wonogiri)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) peneliti mengangkat permasalahan yaitu Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII B SMP Negeri 1 Wonogiri pada Pokok Bahasan Perbandingan dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI).PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan satu kali tes akhir siklus untuk mengukur tingkat pencapaian hasil belajar. Dari serangkaian tindakan tiap siklus hasilnya pada siklus I menunjukkan baru 66,7 % siswa yang mencapai nilai batas tuntas matapelajaran matematika pokok bahasan perbandingan sedangkan 33,3% sisanya belum mencapai batas ketuntasan minimal (KKM). Selanjutnya hasil siklus II sudah 100 % siswa mencapai nilai batas tuntas matapelajaran matematika pokok bahasan perbandingan sehingga tindakan dinyatakan berhasil tidak perlu dilanjutkan siklus berikutnya. Mengacu pada hasil yang ditunjukkan siklus II maka Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perbandingan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...