Ekonomikawan : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Vol 19, No 1 (2019)

Analisis Penyaluran Kredit Kepada Masyarakat Dalam Meningkatkan Perolehan Pendapatan (Studi Pada PT.Bank Perkreditan Rakyat Duta Adiarta Medan)

Jufrizen Jufrizen (Unknown)
Ade Gunawan (Unknown)
Radiman Radiman (Unknown)
Maya Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan apabila di analisis dengan menggunakan penyaluran dana kredit. Dimana sudah berjalan dengan baik atau tidak, dan untuk mengetahui apakah tingkat penyaluran dana kredit yang diperoleh perusahaan pada setiap tahunnya. Dalam penelitian ini dengan analisis data menggunakan metode deskriptif, dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari penyaluran dana kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Duta Adiarta Medan dalam periode 6 tahun tersebut untuk setiap tahun ada mengalami penurunan namun pendapatan operasional perusahaan meningkat. Jadi dapat dikatakan bahwa penyaluran kredit menurun maka pendapatan juga menurun yang dihasilkan perusahaan. Semakin tinggi penyaluran kredit maka semakin baik hasilnya bagi perusahaan dalam menghasilkan pendapatan sehingga meningkatkan laba bersih. Maka dapat dikatakan penyaluran dana kredit pada tahun 2015 dikatakan rendah dan sebaiknya perusahaan lebih mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki seperti asset dan modal perusahaan dalam praktiknya yaitu kegiatan operasional perusahaan dalam pemberian kredit dapat menghasilkan pendapatan yang besar bagi perusahaan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ekawan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan is a scientific journal that contains the results of theoretical research and studies on economic and development issues. Managed by Department of Development Economics, Faculty of Economics and Business University of Muhammadiyah Sumatera ...