Journal of Education Technology
Vol 3, No 1 (2019)

ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH PADA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN NUSA PENIDA

Widani, Ni Kadek Tri (Unknown)
Sudana, Dewa Nyoman (Unknown)
Agustiana, I Gusti Ayu Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikutipembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang mengikuti model pembelajarankonvensional, 2) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pembelajarandengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional,3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA dan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain post-test only control group design. Jumlah populasidalam penelitian ini adalah 87 orang dan sampel penelitian berjumlah 46 orang yang diambil dengan teknik simple randomsampling. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen tes hasil belajar IPA dan datasikap ilmiah dikumpulkan menggunakan non tes dengan instrumen kuesioner. Data dianalisis dengan statistik deskriptif daninferensial (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yangmengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung= 0,007> Ftabel= 0,05); 2) terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbingdengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung= 0,000 > Ftabel= 0,05) dan 3) secara simultan, terdapatperbedaan hasil belajar IPA dan sikap ilmiah siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswayang mengikut pembelajaran konvensional (F= 0,000; p<0,05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwamodel pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA dan sikap ilmiah siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and ...