Berdasarkan dari Fenomena di masyarakat saat ini banyak mengalami kerusakan moral menyimpang, hampir pada segmen kehidupan dan seluruh lapisan masyarakat, sehingga telah mendorong pemerintah indonesia untuk menerapkan Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa, salah satu upaya untuk mewujudkan kebijakan tersebut adalah dengan menekankan pentingnya pendidikan karakter untuk di implementasikan dalam setiap institusi pendidikan baik formal (sekolah) informal (keluarga) non formal (masyarakat) di mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini. Tujuan penelitian ini secara umum adalah dapat meningkatkan karakter Anak Usia Dini khususnya melalui Penerapan Metode Farming Gardening Project di Daerah terpencil Kalimantan Barat, sehingga dapat memberikan konstribusi positif bagi pengembanagan penelitian pendidikan terutama dalam meningkatkan karakter anak usia dini, Metode yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian adalah mengembalikan benda pada tempatnya MB 20% , BSB ada 80% anak, Menyelesaikan Tugas yang diberikan MB16% ada 84% anak, BSB ada 21 anak, anak, Anak terbiasa antri, MB ada 12% anak, BMB ada 88% anak,
Copyrights © 2019