Journal of Integrated System
Vol. 2 No. 1 (2019): Journal of Integrated System

Usulan Strategi Promosi untuk Meningkatkan Penjualan di PT. Antar Putra Motor, Bandung Barat

Firdhan Mezzalundi (Universitas Kristen Maranatha)
Yulianti Talar (Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

PT. Antar Putra Motor merupakan dealer resmi Yamaha yang telah berdiri sejak 1993. Beberapa tahun terakhir terjadi penurunan penjualan walaupun pihak perusahaan telah meningkatkan biaya promosinya. Penelitian ini bertujuan memberikan usulan strategi promosi yang tepat bagi perusahaan agar penjualan dapat meningkat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang mengacu pada model Bauran Promosi dan teori segmentasi- targeting-positioning. Kuesioner penelitian disebarkan pada 100 orang responden usia minimal 17 tahun yang sudah mengetahui promosi yang dilakukan perusahaan. Data tingkat kepentingan divalidasi menggunakan metode Analisis Faktor sehingga menyisakan 6 variabel. Data tingkat kepentingan dan kinerja bauran promosi dari keenam variabel tersebut kemudian diolah menggunakan metode Importance Performance Analysis dan uji hipotesis rata-rata. Informasi mengenai profil konsumen digunakan untuk usulan targeting dan mempertajam usulan penelitian. Prioritas perbaikan diberikan kepada keenam variabel bauran promosi dengan prioritas berdasarkan penggabungan hasil pengolahan Importance-Performance Analysis yang uji hipotesis rata-rata. Bagi perusahaan disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pemilihan warna dan kekontrasan untuk media cetak brosur, memilih kualitas kertas brosur yang baik, menggunakan kata-kata yang unik/lucu bagi orang dewasa atau kata berbahasa Sunda, menyiapkan karyawan khusus yang menangani kunjungan perusahaan, menyesuaian periode cash back dengan masa panen petani, memberikan diskon lebih besar untuk pembelian tunai, bekerjasama dengan bank untuk diskon, menyiapkan SPG dengan informasi tentang motor yang dijualnya, serta menginformasikan acara promosi melalui brosur/radio RRI/radio Elshinta/acara pameran/car free day. Kata kunci: Bauran promosi, analisis faktor, importance-performance analysis, pengujian hipotesis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Integrated System adalah jurnal ilmiah yang ditujukan untuk mengakomodasi hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti, dosen, dan mahasiswa terkait bidang keilmuan Teknik ...