Jurnal Zarah
Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Zarah

KAJIAN BIOAKTIFITAS DAN ANALISA KANDUNGAN SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DARI TUMBUHAN Hornstedtia scyphifera var. fusiformis DENGAN HPLC (High Performance Liquid Chrimatography)

Santoni, Adlis (Unknown)
Efdi, Mai (Unknown)
Suhada, Akmel (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2017

Abstract

Hornstedtia scyphifera var. fusiformis merupakan tumbuhan endemik dari famili Zingiberaceae yang tersebar di Sumatera. Tumbuhan ini mengandung beberapa metabolit sekunder seperti fenolik, flavonoid, saponin, triterpenoid, steroid dan alkaloid. Pengujian Bioaktifitas meliputi uji antioksidan dan antibakteri. Aktivitas antioksidan ditentukan dengan metoda DPPH. Sedangkan aktivitas antibakteri diuji dengan metode difusi cakram terhadap bakteri Staphylococcus aureus (bakteri gram positif) dan Escherichia coli (bakteri gram negatif). Hasil analisa aktitifitas antioksidan dari ketiga ekstrak, diperoleh bahwa ekstrak metanol menunjukkan aktifitas antioksidan yang paling aktif dengan IC50 = 51,8943 mg/L dibandingkan dua ekstrak lainnya. Ketiga esktrak Hornstedtia scyphifera var. fusiformis memberikan aktivitas antibakteri, selanjutnya esktrak n-heksan dan etil asetat pada konsentrasi 500 ppm memiliki zona hambat 10 mm terhadap bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus memiliki zona hambat 10,3 mm. Untuk mengetahui jumlah senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam tumbuhan ini dilakukan analisa dengan HPLC.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

zarah

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Zarah menerbitkan artikel hasil penelitian, pengembangan, dan kajian literatur tentang berbagai topik dalam bidang Pendidikan Kimia dan Ilmu ...