Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kontribusi penerapan konsep kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, kompetensi guru dan peran Komite Sekolah terhadap prestasi guru SD se-Kecamatan Galur Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, variabel penelitian ini adalah kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, kompetensi guru, peran komite sekolah, dan prestasi guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD dan Kepala Sekolah di SD Negeri dan swasta di Kecamatan Galur Kulon Progo yang berjumlah 168 dengan jumlah sampel adalah 118 orang. Teknik pengambilan sampel data menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi liniear berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa konsep kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, kompetensi guru dan peran komite sekolah sekolah berkontribusi positif dan signifikan terhadap prestasi guru dalam perspektif pembinaan guru SD Se-Kecamatan Galur Kulon Progo baik secara parsial maupun secara simultan.Kata kunci: kepemimpinan, kompetensi guru, komite sekolah, prestasi guru.
Copyrights © 2019