JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Vol. 1 No. 02 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI LEMBAGA NEGARA REPUBLIK INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING

CUCU ROHANAH (SD NEGERI TUNAS KARYA)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2018

Abstract

Dalam pembelajaran Lembaga Negara Republik Indonesia diharapkan siswa dapat memahami hak dan wewenang setiap lembaga negara yang ada di Negara Republik Indonesia. Namun seringkali siswa salah dalam mengartikan fungsi, hak dan wewenang lembaga negara tersebut. Hal itu terlihat dari hasil ulangan pada materi Lembaga Negara Republik Indonesia yang masih rendah. Siswa yang memenuhi nilai KKM sekolah 70, hanya 5 orang (22,72%) dari 22 orang siswa kelas IV dan sisanya sekitar 17 orang dinyatakan belum lulus (77,28%). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tunas Karya semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dalam materi Lembaga Negara Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan metode Mind Mapping. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil tes siklus 1 mencapai rata-rata sebesar 67,27 pada kategori cukup dan pada siklus 2 meningkat menjadi 79,32 pada kategori baik. Jadi hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 12,05.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada ...