JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Vol. 1 No. 01 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MENGUBAH PECAHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Dayeuhkolot I)

DEDEH KURNIASARI (SD NEGERI DAYEUHKOLOT II)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya melalui penerapan Model model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) pada siswa kelas V SD Negeri Dayeuhkolot II Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 15 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,67 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 79,67. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,00 (16,02%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dayeuhkolot II Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada ...