JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Vol. 2 No. 01 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL BELAJAR SAMBIL BERMAIN PERBANTUAN MEDIA MONOPOLI (PTK Matematika Kelas III SD Negeri Nyimplung Tahun 2017)

TUTI HARYATI (SD Negeri Nyimplung)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan; 1) Merangsang minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya mengenal nilai mata uang 2) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika dengan metode Belajar sambil bermain menggunakan permainan monopoli dalam materi mengenal nilai mata uang. Penelitian dilakukan di SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, selama tiga bulan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas III semester 1 SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 35 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pelajaran Matematika dengan materi pengenalan mata uang, dengan metode pembelajaran bermain sambil belajar menggunakan media monopoli. Penelitian ini menyimpulkan bahwa:1) Penerapan metode bermain sambil belajar dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan materi mata uang dan 2) Penerapan metode belajar sambil bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman dan nilai hasil rata-rata belajar siswa pada setiap siklus. PTK ini menggunakan metode pengumpulan data dari hasil evaluasi siswa mulai dari pra siklus, siklus satu sampai dengan siklus dua, dengan mengunakan rumus porsentase ketuntasan belajar yang dilakukan di SD Negeri Nyimplung tahun pelajaran 2017-2018 semester satu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada ...