Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi)
Vol 21, No 1 (2019): JURNAL IPTEK-KOM (JURNAL ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI)

API Gateway Menggunakan SlimPHP pada Aplikasi Kantin Amikom (API Gateway using SlimPHP on Cafetaria Application in Amikom )

Arif Dwi Laksito (Universitas Amikom Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2019

Abstract

API telah banyak digunakan sebagai antarmuka pemrograman untuk menginte­grasikan perangkat satu ke perangkat yang lainnya. API Gateway merupakan layer yang menjadi satu-satunya gerbang bagi client. Pada lapisan ini, API Gateway dapat menangani request dari client dan sebagai lapisan keamanan, melakukan penge­cekan apakah setiap request dari client diperbolehkan untuk dilanjutkan atau tidak. Pada koperasi Citramas Amikom terdapat kendala dalam mengimplemen­tasikan aplikasi pemesanan online kantin, dimana untuk menjangkau seluruh pengguna perlu digunakan koneksi internet dalam akses aplikasi. Sedangkan sistem sebe­lumnya berada di lingkungan lokal. API Gateway telah berhasil dibangun untuk mengatasi kendala tersebut. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan API Gateway menggunakan framework SlimPHP dan pengujian unit menggunakan framework PHPUnit.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IPTEKKOM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal IPTEK-KOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi merupakan jurnal penelitian dalam bidang komunikasi dan teknologi informasi yang diterbitkan oleh Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Yogyakarta. BPPKI Yogyakarta adalah Unit Pelayan Teknis di bawah ...