Jurnal Menssana
Vol 2 No 2 (2017): Jurnal Menssana

Kontribusi Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Penjasorkes) pada Pelajar SMP Pertiwi Siteba Padang

Berto Apriyano (Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2017

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada pelajar SMP Pertiwi Siteba Padang menunjukkan bahwa hasil belajar yang dimiliki pelajar masih rendah khususnya mata pelajaran Penjasorkes. Hasil belajar Penjasorkes pada pelajar dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya diduga dipengaruhi oleh kebugaran jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan dan kontribusi kebugaran jasmani terhadap hasil belajar Penjasorkes. Populasi penelitian ini adalah pelajar SMP Pertiwi Siteba Padang pada tahun ajaran 2014/2015 yang digunakan berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara proportionate stratified random sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 58 orang dengan kesalahan 5%. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) untuk mengukur kebugaran jasmani dan untuk mengukur hasil belajar Penjasorkes menggunakan data sekunder nilai rapor semester 2 tahun ajaran 2014/2015 mata pelajaran Penjasorkes. Hasil penelitian adalah: (1) kebugaran jasmani memiliki hubungan signifikan dengan thitung(2,167) > ttabel(2,011) dan memberikan kontribusi sebesar 5,18% terhadap hasil belajar Penjasorkes.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jm

Publisher

Subject

Other

Description

Penerbitan Jurnal Menssana bertujuan untuk memfasilitasi interaksi, diskusi dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan olahraga di Indonesia. Jurnal Menssana berisi penelitian empiris dalam bidang Pendidikan Olahraga, Pendidikan Rekreasi, dan Kesehatan, Ilmu Keolahragaan serta kepelatihan olahraga. ...