Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia

DETEKSI FINANCIAL STATEMENT FRAUD DENGAN ANALISIS FRAUD TRIANGLE PADA PERUSAHAAN ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012- 2015”

Muhammad Saiful, H. Achmad Uzaimi, Asri Eka Ratih (Universitas Maritim Raja Ai Haji)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implikasinya terhadap kecurangan laporan keuangan. Tahap regresi linier berganda untuk menguji pengaruh analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kecurangan laporan keuangan. Populasi penelitian ini adalah laporan keuangan berbagai perusahaan industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2015. Teknik pengambilan sampel adalah metode purposive sampling yang menghasilkan 13 sampel pada tahun 20122015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada model regresi pertama menunjukkan variabel tekanan yaitu financial leverage, financial target, dan capital berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan variabel tekanan adalah stabilitas keuangan, variabel peluang adalah sifat industri, dan pemantauan yang efektif, variabel rasionalisasi adalah audit opini tidak mempengaruhi kecurangan laporan keuangan perusahaan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jiafi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Penerbitan Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia setiap enam bulan sekali pada bulan April dan Oktober setiap tahunnya, dan Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia memberikan peluang kepada civitas akademika maupun praktisi untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian, kajian, ...