M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2018): Mathline

PENDEKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Putri Sepdikasari Dirgantoro, Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2018

Abstract

Pola pikir zaman sekarang yang menuntut segala sesuatu menjadi serba cepat dan instan sering kaliterbawa oleh siswa di sekolah. Ketika mengerjakan soal, siswa akan merasa puas ketika merekasudah menemukan jawabannya. Entah jawabannya benar atau tidak, sangat jarang ditemui siswayang kembali mengecek pekerjaan mereka. Di dalam proses pembelajaran pun, siswa dinilaikurang mampu dalam menganalisa kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya untuk dapatmemaksimalkan proses belajar. Mengerjakan seadanya yang penting selesai seringkali menjadislogan para siswa saat ini. Padahal kemampuan menganalisa kelemahan maupun kelebihan yangdimiliki adalah kemampuan yang penting, khususnya dalam belajar matematika. Kesadaran akankelebihan dan kekurangan ini dinamakan kesadaran metakognisi. Dalam belajar matematikaketerampilan ini perlu dikembangkan. Untuk itu artikel ini akan membahas mengenai pembelajaranmatematika dengan menggunakan pendekatan keterampilan metakognitif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Mathline

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathline is published by Mathematics Education Department of Wiralodra University. Mathline publishes the research issues on mathematics, mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom action research. This Journal are bi-annual publication, on February and ...