Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1 No 1 (2019): Januari 2019

Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Kegiatan Diskusi

Suryanti (Unknown)
Lina Tiawati, Refa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan analisis kesalahan berbahasa siswa SMA Negeri 3 Baubau pada kegiatan diskusi kelas. Desain penelitian secara deskriptif kualitatif. Data penelitian analisis kesalahan berbahasa pada kegiatan diskusi kelas berupa penggunaan intonasi/ nada, diksi (pilihan kata), dan struktur kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk analisis kesalahan berbahasa siswa kelas X SMA Negeri 3 Baubau pada kegiatan diskusi kelas adalah penggunan intonasi/ nada yang terdiri atas: intonasi tinggi, intonasi sedang dan intonasi rendah. Penggunaan diksi (pilihan kata) yang terdiri atas: pemakaian kata bersinonim, pemakaian kata denotasi dan konotasi, pemakaian kata-kata atau istilah asing, pemakaian kata populer dan kata kajian, serta pemakaian kata percakapan dan slang. Penggunaan struktur kalimat terdiri atas: penggunaan struktur kalimat wajib dan penggunaan struktur kalimat tak wajib (mana suka). Berdasarkan data yang diperoleh  mengenai analisis kesalahan berbahasa siswa kelas X pada kegiatan diskusi kelas, dapat dikatakan bahwa pada penggunaan intonasi terdapat kesalahan berupa intonasi tinggi sebanyak 11, intonasi sedang tidak ada dan intonasi rendah sebanyak 16 kesalahan. Pada penggunaan diksi terdapat kesalahan pada pemakaian kata bersinonim sebanyak 40, pemakaian kata denotasi dan konotasi sebanyak 41, pemakaian kata-kata atau istilah asing sebanyak 14, pemakaian kata populer dan kata kajian sebanyak 3, dan pemakaian kata percakapan dan slang sebanyak 120 kesalahan. Selanjutnya penggunan struktur kalimat terdapat kesalahan berupa struktur kalimat wajib tidak ada, dan pada struktur kalimat tak wajib sebanyak 156 kesalahan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bahasa

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Focuses on publishing the original research articles, review articles from contributors, and the current issues related to language and literature education, linguistics and ...