Penelitian ini bertujuan menjelaskan strategi representasi maskulinitas pada majalahtransnasional di Indonesia. Media selalu mengeksploitasi tubuh sebagai tanda sekaligus strategimeraup laba. Tubuh memiliki makna dalam masyarakat. Ada berbagai mekanisme yangdigunakan media untuk mengeksploitasi tubuh supaya berfungsi dan berpotensi sebagai tanda.Sedangkan ilustrasi yang digunakan merupakan konsep kelelakian yang dimiliki oleh masyarakatBarat. Sebagai salah satu kajian budaya populer, penelitian ini menggunakan semiotika sebagaimetode analisis teks. Terdapat tiga strategi representasi maskulinitas yang dilakukan oleh mediaini. Pertama, media merepresentasikan tubuh laki-laki sebagai consumer bodies. Kedua, tubuhlaki-laki direpresentasikan sebagai instrumental bodies. Yang terakhir, laki-laki dihadirkansebagai objectified bodies. Dengan kekuasannya, media mengendalikan citra tubuh masyarakatdengan tujuan memperoleh keuntungan secara samar melalui realitas sosial yang semu.
Copyrights © 2015