Communication
Vol 6, No 2 (2015): COMMUNICATION

IDENTIFIKASI STRATEGI REPRESENTASI MASKULINITAS PADA MAJALAH TRANSNASIONAL DI INDONESIA

SUMEKAR TANJUNG (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan strategi representasi maskulinitas pada majalahtransnasional di Indonesia. Media selalu mengeksploitasi tubuh sebagai tanda sekaligus strategimeraup laba. Tubuh memiliki makna dalam masyarakat. Ada berbagai mekanisme yangdigunakan media untuk mengeksploitasi tubuh supaya berfungsi dan berpotensi sebagai tanda.Sedangkan ilustrasi yang digunakan merupakan konsep kelelakian yang dimiliki oleh masyarakatBarat. Sebagai salah satu kajian budaya populer, penelitian ini menggunakan semiotika sebagaimetode analisis teks. Terdapat tiga strategi representasi maskulinitas yang dilakukan oleh mediaini. Pertama, media merepresentasikan tubuh laki-laki sebagai consumer bodies. Kedua, tubuhlaki-laki direpresentasikan sebagai instrumental bodies. Yang terakhir, laki-laki dihadirkansebagai objectified bodies. Dengan kekuasannya, media mengendalikan citra tubuh masyarakatdengan tujuan memperoleh keuntungan secara samar melalui realitas sosial yang semu.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

comm

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Communication published by the Communication Studies Program, Univ. Budi Luhur, twice a year. The publication of this journal is intended as a medium of information exchange, knowledge based on development, and the study of Communication Sciences and its relation to various other scientific ...