Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pembelajaran genetika dan evolusi melalui model pembelajaran PBL pada mahasiswa biologi FKIP UNRI. Subjek penelitian yaitu mahasiswa biologi semester 4 (empat ) yang berjumlah 40 orang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran (Silabus, SAP, L K M , Buku Ajar dan alat pengumpul data (test dan lembaran observasi mahasiswa). Parameter penelitian yaitu kemampuan kognitiC afektif; psikomotorik, hasil belajar dan ketuntasan belajar mahasiswa. Hasilpenelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan kognitif mahasiswa untuk siklus I yaitu 75,79(baik) meningkat menjadi 85,0 ( baik sekali) untuk siklus n , rata-rata kemampuan afektif mahasiswa untuk siklus I yaitu 68,73% (baik) menjadi 68,28% ( baik ) untuk siklus 11, dan rata-rata kemampuan psikomotorik mahasiswa imtuk siklus I yaitu 86,30% (amat baik) meningkat menjadi 86,44% ( amatbaik ) untuk siklus II. Hasil belajar mahasiswa meningkat, pada siklus 1 diperoleh rata-rata nilai76,79 (beiik) menjadi 78,21 (baik) pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar mahasiswa secara individu siklus 1 adalah 80,0% (tuntas) dan pada siklus 11 adalah 95,0 % (tuntas). Dengan demikian penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan pembelajaran genetika dan evolusi pada mahasiswa biologi FKIP UNRI.
Copyrights © 2011