JURNAL SUMBER DAYA AIR
Vol 13, No 1 (2017)

Analisa stabilitas struktur revetmen di Pantai Kedungu, Tabanan Bali

Vivi Yovita Indriasari (Pusat Riset Kelautan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan)
Johan Risandi (Pusat Riset Kelautan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan)
Rudhi Akhwadhy (Pusat Riset Kelautan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2017

Abstract

Lokasi studi di Pantai Kedungu yang memiliki gumuk pasir yang lebar dan vegetasi yang rapat. Biasanya tempat ini digunakan untuk pariwisata oleh penduduk setempat. Erosi yang terjadi disebabkan gelombang datang yang membentuk sudut, sehingga menimbulkan arus menyusur pantai (longshore current), dan angkutan sedimen sekitar pantai (litoral drift). Kondisi tersebut sudah sangat mengkhawatirkan, karena sudah mengikis sejumlah lahan milik warga. Sampai saat ini belum ada penanganan dari pemerintah, hanya upaya dari masyarakat setempat dengan membangun tembok laut dan saat ini juga dalam kondisi sudah mulai hancur. Berdasarkan analisa data yang sudah diambil di lapangan dan pemodelan numerik yang dilakukan didapat konsep penanganan permasalahan erosi, yaitu dengan pembuatan struktur pelindung pantai berupa revetmen. Dimana struktur tersebut berfungsi sebagai peredam gelombang datang dan mempertahankan garis pantai. Tujuan dari tulisan ini adalah memberikan gambaran mengenai stabilitas struktur revetmen terhadap erosi pantai. Analisa stabilitas memperhitungkan stabilitas terhadap guling, geser, daya dukung tanah dan penurunan. Dimensi dan desain pelindung pantai revetment aman terhadap guling (SF = 7,669 >2), geser (SF = 4,082>1,5), daya dukung tanah (17,498>3). Hasil analisa stabilitas struktur revetment yang didisain, aman dan dapat diterapkan di lokasi studi. Analisa stabilitas struktur revetment ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kerusakan struktur bangunan pantai dan bangunan sekitarnya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JSDA

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering

Description

Jurnal Sumber Daya Air (JSDA) is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on Water, and Water resources as well as related topics. All papers are peer-reviewed by at least ...