Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wuryantoro pada pokok bahasan komposisi fungsi menggunakan model pembelajaran problem based learning. (2) Apakah hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wuryantoro pada pokok bahasan komposisi fungsi mengunakan problem based learning dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar menggunakan tes, sedangkan untuk aktifitas belajar menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Siswa semakin aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika pada pokok bahasan komposisi fungsi menggunakan model pembelajaran problem based learning. (nilai rata-rata aktifitas belajar untuk tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 berturut-turut 77, 80, dan 82, sedangkan persentase ketuntasannya berturut-turut 59, 75, dan 84). (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wuryantoro pada pokok bahasan komposisi fungsi mengunakan problem based learning dapat meningkat. (nilai rata-rata hasil belajar untuk tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 berturut-turut 73, 75, dan 77, sedangkan persentase ketuntasannya berturut-turut 53, 66, dan 81).Kata-kata Kunci: Pembelajaran Problem Based Learning, aktivitas belajar siswa, prestasi belajar
Copyrights © 2017