Jiko (Jurnal Informatika dan komputer)
Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Informatika dan Komputer (JIKO) Ternate

Audit Teknologi Informasi Untuk Evaluasi Manajemen Teknologi Informasi Menggunakan COBIT 5 dan IT Security (Studi Kasus : Dishubkominfo Provinsi Maluku Utara)

Jusuf, Zultana (Unknown)
Arief, Assaf (Unknown)
Jamil, Moh (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2019

Abstract

Infrastruktur teknologi informasi yang tersedia di kantor Dishubkominfo belum sepenuhnya di optimalkan, minimnya sumber daya manusia yang mengelola menyebabkan manajemen teknologi informasi tidak terkelola dengan baik. Untuk itulah diperlukan sebuah mekanisme kontrol audit teknologi informasi, agar diperoleh kelebihan dan kekurangan dari instansi ini apakah sudah sesuai aturan dan kebijakan dan telah terealisasi dengan baik. Penelitian ini menggunakan framework COBIT 5 dan IT Security. Hasil audit Kantor Dishubkominfo memiliki manajemen teknologi informasi pada level 2- Repeatable but Intuitive untuk pemetaan control dan prinsip pada COBIT 5, sedangkan nilai rata – rata 39% untuk tingkat kematangan standar Keamanan Informasi ISO 17799. Dan pengolahan data mendapati nilai rata – rata untuk domain APO dan MEA adalah 1.71 dan nilai rata – rata untuk prinsip adalah 1.98 Yang terakhir nilai rata – rata untuk tingkat kematangan standar keamanan informasi ISO 17799 adalah 31 atau 39% yang artinya bahwa keamanan teknologi informasi masih kurang dan harus juga diperbaiki.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jiko

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jiko (Jurnal Informatika dan Komputer) Ternate adalah jurnal ilmiah diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Khairun sebagai wadah untuk publikasi atau menyebarluaskan hasil - hasil penelitian dan kajian analisis yang berkaitan dengan bidang Informatika, Ilmu Komputer, Teknologi ...