Tujuan umum dari penelitian ini adalah ingin mengetahui perbedaan pengaruh dari pembelajaran menggunakan modifikasi pembelajaran (kelompok A) dan pembelajaran tanpa menggunakan modifikasi (kelompok B) pembelajaran terhadap keterampilan teknik lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMA Negeri 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini termasuk kedalam kategori penelitian eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan teknik lompat jauh gaya jongkok. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa hasil penghitungan t perbandingan perbedaan dua hasil latihan 4.92 lebih besar dari ttabel 1.68. Ini berarti teknik lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan pembelajaran modifikasi lebih signifikan dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan modifikasi pembelajara.
Copyrights © 2018