Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 1 (2019): JANUARI

Dinamika Kelompok sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemandirian , Partisipasi dan Prestasi Belajar Siswa

Muhammad Juaini (SMAN 3 Selong)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah dalam menerapkan Dinamika kelompok dapat meningkatkan angka kemandirian, dan prestasi belajar kelas X IPS-1 semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 3 Selong dapat meningkat. Penulisan ini melibatkan 32 orang siswa yang dilaksanakan berdarkan SK pembagian Tugas Tp 2018/2019. Pengumpula Data dilakukan dengan pengamatan, foto-foto kegiatan, kejadian dan komentar dari subyek yang diteliti serta tes hasil belajar siswa sebanyak tiga siklus. Hasil yang diperoleh terdapat peningkatan angka kemandirian, angka partisipasi dan prestasi belajar siswa yang cukup signifikan sehingga hasil penulisan ini layak untuk dikaji dan dijadikan sebagai alternative pembelajaran matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

islamika

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Islamika Journal is an interdisciplinary publication of original research and writing on islamic studies and education . This journal was published by Pendidikan Agama Islam (PAI) STIT Palapa Nusantara Lombok - NTB which was published twice in a year, January and July with a minimum of 5 articles. ...