Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 2, No 1 (2013)

HUBUNGAN PERSEPSI DAN TINGKAT PENGETAHUAN PENDERITA TB DENGAN KEPATUHAN PENGOBATAN DI KECAMATAN BULELENG

Suadnyani Pasek, Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan tingkat pengetahuan penderita TB dengan kepatuhan pengobatan yang dapat memberikan kontribusi terhadap suksesnya pelaksanaan program TB di Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional bersifat retrospektif. Populasi penelitian 216 orang, sampel sebanyak 40 orang yang didapatkan dengan mengunakan teknik random sampling. Data didapatkan dengan memberikan kuisioner kepada responden yang kemudian dianalisis dengan  uji analisis regresi logistik ganda. Pada taraf signifikansi p = 0,05 diperoleh nilai persepsi (p = 0,022, OR= 11.930, CI 95% = 1.42 9 hingga 99.603) dan tingkat pengetahuan (p = 0,017; OR = 19.714; CI 95% = 1.696 hingga 229.173). Simpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dan tingkat pengetahuan penderita TB dengan kepatuhan pengobatan, dimana penderita dengan persepsi dan tingkat pengetahuan baik memiliki kepatuhan pengobatan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...