Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan produk yang dihasilkan melalui pengujian secara eksperimen, untuk mengetahui efektifitas produk terhadap tingkat penguasaan konsep mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan desain post test dengan kelompok eksperimen dan kontrol yang tidak diacak. Hasil penelitian diperoleh bahwa respon mahasiswa terhadap penggunaan sistem simulasi binary tree berbasis CAI dalam perkuliahan matematika diskrit adalah positif dan Motivasi belajar mahasiswa masuk dalam kategori tinggi. Pengujian rumusan hipotesis yang dilakukan dengan uji t (student) diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan Media Simulasi binary tree berbasis CAI dengan mahasiswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan Media Simulasi binary tree berbasis CAI. Hal ini menunjukkan bahwa simulasi binary tree berbasis CAI merupakan media yang efektif digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dalam perkuliahan matematika diskrit di jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha Singaraja.
Copyrights © 2013