Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui korelasi kegiatan membaca teks ilmu pengetahuan menggunakan metode good reading dan Penilaian Acuan Patokan (PAP) dengan prestasi akademik mahasiswa. Prestasi akademik mahasiswa menggunakan ketentuan indeks prestasi kumulatif (IPK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode observasi menggunakan studi eksperimen. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, dengan kelompok eksperimen (N=34), dan kelompok kontrol (N=44). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi akademik mahasiswa yang diklasifikasikan rendah, sedang, dan tinggi, memiliki hubungan significant dengan metode baca good reading. Prestasi akademik yang diklasifikasikan menggunakan metode PAP (Penilaian Acuan Patokan), memiliki hubungan significant dengan metode baca good reading. Dapat dikatakan bahwa metode PAP lebih cocok digunakan untuk mengklasifikasi prestasi akademik mahasiswa. Metode baca good reading memiliki kepercayaan lebih tinggi dibandingkan dengan metode reading habit jika dikaitkan dengan prestasi akademik mahasiswa.
Copyrights © 2016