Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 3 No 1 (2019): TRANSFORMASI-JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN MATEMATIKA

PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI KELAS X IIS 3 SMAN 1 NGADILUWIH

Mala, Laitali (Unknown)
Latif, Fanda R.P. (Unknown)
Zahro’, Hilyatu (Unknown)
Muftikah, Linta F. (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Macromedia Flash melalui model pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap hasil belajar siswa kelas X-IIS 3 pada materi fungsi komposisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian kuantitatif dengan eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Ngadiluwih, Kediri tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel 1 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random sampling. Analisis data pada penelitian ini yang pertama adalah menggunakan uji normalitas. Setelah data dinyatakan berdistribusi normal uji selanjutnya adalah uji homogenitas. Uji yang terakhir adalah uji t dua sampel berpasangan, dengan taraf signifikasi sebesar 0,05. Dari hasil uji tersebut diperoleh t = -4,324, dengan df = 28 dan angka sig. atau p-value = 0,000 < 0,05 atau   ditolak yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar fungsi komposisi siswa antara sebelum dan sesudah diberi Macromedia Flash. Sehingga dapat dikatakan ada pengaruh penggunaan Macromedia Flash melalui model Realistic Mathematic Education terhadap hasil belajar siswa kelas X-IIS 3 SMAN 1 Ngadiluwih Kediri pada materi fungsi komposisi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

transformasi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Focus and Scope Jurnal Transformasi adalah Pendidikan Matematika meliputi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan Penelitian Pengembangan (R&D). Disamping itu untuk Matematika Murni/Terapan meliputi Pemodelan Matematika, Statistika, dan Geometri. ...