KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang
Vol 3, No 1 (2015): KREATIF

ANALISIS PENGARUH FAKTOR INDIVIDU, LINGKUNGAN KONSUMEN, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APOTIK SUNFARMA TANGERANG SELATAN

Sunanto . (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya faktor individu, lingkungan konsumen,dan strategi pemasaran baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap keputusan pembelian padaApotik Sun Farma Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan desain kuantitatif, metodeexplanatory research dengan pengujian hipotesis. Dengan teknik survey, menyebar kuesionermemakai skala Likert. Teknik penentuan sampel dengan accidental sampling/convenience samplingdigunakan rumus Slovin diperoleh 100 responden.Teknik Analisis data: (1) tes validitas dan tes reliabilitas; (2) uji asumsi klasik; (3) modelregresi sederhana dan berganda; (4) koefisien determinasi (R²); (5) pengujian hipotesis dengan ujiparsial (Uji t) dan uji simultan (Uji F). Hasil pengujian hipotesis dan analisisnya adalah sebagaiberikut:1. Faktor individu konsumen mempunyai pengaruh posistif yang signifikan terhadap keputusanpembelian pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Mempunyai korelasi positif 0,557.Nilai kontribusi (R²) sebesar 31,0%. Model regresi linier sederhananya adalah Y= 17,035 +0,557X12. Faktor lingkungan konsumen mempunyai pengaruh posistif yang signifikan terhadapkeputusan pembelian pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Mempunyai korelasi positif0,559. Nilai kontribusi (R²) sebesar 30,5%. Model regresi linier sederhananya adalah Y=19,043 + 0,559X23. Faktor strategi pemasaran mempunyai pengaruh posistif yang signifikan terhadap keputusanpembelian pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Mempunyai korelasi positif 0,580.Nilai kontribusi (R²) sebesar 33,7%. Model regresi linier sederhananya adalah Y= 13,876 +0,580X34. Faktor individu, faktor lingkungan konsumen, dan faktor strategi pemasaran, secara bersama-sama mempunyai pengaruh posistif yang signifikan terhadap keputusan pembelian padaApotik SunFarma Tangerang Selatan. Mempunyai kontribusi (adjusted R²) sebesar 84,3%.Model regresi linier berganda yang diperoleh    adalah Y= -9,891+ 0,511X1 + 0,352X2 +0,632X3 Kata kunci : Individu, lingkungan konsumen, strategi pemasaran, keputusan pembelian, ApotikSunFarma 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kreatif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

KREATIF Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 2 edisi dalam setahun oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Oktober tahun 2013. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi. ...