JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA YANG BEKERJA DI PTS STMIK-STIE MIKROSKIL MEDAN

Lumbantobing, Panni Ance (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan adversity quotient dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi pada mahasiswa yang bekerja. Subjek penelitian adalah mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil Medan yang belum lulus sejumlah 83 mahasiswa dari 2 angkatan yaitu 2008 dan 2009. Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan total sampling. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan 3 (tiga) jenis skala yaitu skala prokrastinasi akademik, skala adversity quotient dan skala dukungan sosial. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien Freg=97,952 dimana p<0,05. Menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara adversity quotient dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa yang bekerja di STMIK-STIE Mikroskil. variabel adversity quotient dengan prokrastinasi akademik memiliki nilai sebesar 0,276 dengan nilai p<0,05, artinya arah hubungan variabel negatif yaitu semakin tinggi adversity quotient akan semakin rendah prokrastinasi akademik. Sedangkan variabel dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik memiliki nilai sebesar -0,787 dengan p<0,05, artinya arah hubungan kedua variabel negatif, artinya semakin tinggi dukungan sosial akan semakin rendah prokrastinasi akademik.Kata Kunci : Prokrastinasi akademik, Adversity Quotient, Dukungan sosial

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...