JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

Hubungan Pemberian Pendidikan Seks Sejak Dini Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja di SMA HKBP I Tarutung Tahun 2015

Panggabean, ruth Donda (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2017

Abstract

Pendidikan seksual adalah suatu informasi mengenai persoalan seksualitas manusia yang jelas dan benar, yang meliputi proses terjadinya pembuahan, kehamilan sampai kelahiran, tingkah laku seksual, hubungan seksual dan aspek- aspek kesehatan, kejiwaan dan kemasyarakatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Hubungan Pemberian Pendidikan Seks Sejak Dini Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja di SMA HKBP I Tarutung Tahun 2015. Tujuan  penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Hubungan Pemberian Pendidikan Seks Sejak Dini Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja di SMA HKBP I Tarutung Tahun 2015. Jenis rancangan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan desain cross sectional, dimana pengukuran dan pengamatan terhadap subjek penelitian dilakukan sekali pengamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa Kelas II SMA HKBP I Tarutung  sebanyak 60 orang yang keseluruhannya dijadikan sebagai sampel. Berdasarkan hasil uji chisquare, diperoleh nilai p value sebesar 0,029 yang artinya ada hubungan pemberian pendidikan seks sejak  dini dengan perilaku seksual pada remaja di SMA HKBP 1 Tarutung Tahun 2015. Kepada Remaja agar aktif mengikuti penyuluhan dari tenaga kesehatan tentang pemberian pendidikan seks sejak dini agar tidak mengalami penyakit menular seksual. sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan remaja dalam pendidikan seks sejak dini dan Kepada tenaga kesehatan juga agar dapat meningkatkan penyuluhan tentang Pendidikan seks sejak dini kepada  remaja.Kata Kunci : Pendidikan Seks,  Perilaku Seksual, Remaja.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...